Total Tayangan Halaman

Selasa, 06 November 2018

Pertemuan 6 AMDAL. Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Selamat Malam Bapak/Ibu

Pertemuan ke-6 untuk mata kuliah AMDAL akan dilakukan melalui e-learning, saya harap Bapak/Ibu memiliki koneksi dan aplikasi yang memadai untuk mengikuti perkuliahan ini. Akan diberikan Link-Link untuk Bapak/Ibu agar dapat memahami materi pada hari ini.  Diakhir sesi ini akan ada kuis AMDAL untuk mengukur pemahaman Bapak/Ibu tentang AMDAL dari pertemuan 1 - 6.
Baik, mari kita mulai e-learning pada malam hari ini. Bapak/Ibu, pertemuan-pertemuan sebelumnya tentu kita telah mempelajari mengenai kesehatan lingkungan, definisi ekosistem sampai pada tipologi ekosistem. Pada pertemuan hari ini kita akan berbicara mengenai Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
Berdasarkan pasal 33 UUD 1945 yang menyatakan bahwa  Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat,maka semestinya pengelolaan SDA ini mengambil konsep tentang konservasi sumber daya alam. Prinsip konservasi adalah perlindungan atau pelestarian dari SDA itu sendiri. Namun ironi, ketika SDA yang kita miliki ternyata masih banyak yang dikuasai oleh Asing atau pihak swasta. Berdasarkan permasalahan tersebut, tentu akan menjadi pertanyaan, apakah SDA yang kita miliki itu telah dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat? Jika sudah, rakyat kalangan mana yang diperuntungkan dengan SDA ini. Atau kita hanya menjadi buruh di tengah kekayaan alam yang kita miliki ini.
Bapak/Ibu, tentu kita tidak dapat menyalahkan dari pihak pemerintah saja. Kita perlu melakukan intropeksi diri, sudahkah kita turut membantu memonitoring agar pasal ini berjalan dengan baik? Jika belum, maka mulailah dari pribadi kita sendiri.
Kembali pada pengelolaan SDA dan lingkungan, dibawah ini, akan ada link yang menunjukkan bagaimana pengelolaan SDA yang terjadi di Indonesia, mohon untuk di klik dan dipelajari :
VIDEO KE-1
VIDEO ke-2
VIDEO Ke-3

Diharapkan mahasiswa mengakses seluruh video tersebut untuk memahami secara komperehensif mengenai pengelolaan SDA dan lingkungan. Video pertama Bapak/Ibu akan digambarkan mengenai pengelolaan SDA di Indonesia. Video kedua Bapak/Ibu akan divisualisasikan mengenai ekologi lingkungan yang selama ini selalu kita bahas di tiap minggunya. Pada video ke-3 Bapak/Ibu sedikit dijelaskan mengenai manajemen lingkungan melalui ISO 14001. Diharapkan video ini dapat menjadi pemicu untuk Bapak/Ibu mengeksplore lebih dalam lagi mengenai pengelolaan SDA dan lingkungan.


Untuk mengakses ppt materi saya Bapak/Ibu dapat mengakses pada link berikut ini ya
Materi Amdal 


Bapak/Ibu silahkan pelajari terlebih dahulu materi yang diberikan, setelah dipelajari silahkan mengikuti kuis pada link berikut ini. Kuis ini hanya akan dibuka pada waktu yang telah dijanjikan. Mohon pergunakan dengan baik.

KUIS AMDAL


Sekian e-learning saya pada pertemuan ke-6, sampai bertemu esok hari.. Apapun hasilnya, bersabarlah, proses tidak akan menghianati hasil. Kecuali kalo digoda pelakor.


Salam,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar