Total Tayangan Halaman

Selasa, 13 November 2018

INKORPORASI KESEHATAN LINGKUNGAN DALAM KURIKULUM KEPERAWATAN

Jurnal yang ditulis oleh Kathryn P. Jackman-Murphy RN, MSN berlandaskan tentang memasukkan kesehatan lingkungan kedalam program kurikulum keperawatan untuk Fakultas Keperawatan yang dipresentasikan pada Konferensi Tahunan National League Untuk Perawat Pada November 2011. Isu yang diangkat cukup menarik mengingat kesehatan lingkungan dan keperawatan memiliki core yang sangat berbeda. Selama ini perawat mengemban tugas untuk memberikan "caring" pada pasien, yang notabenenya pasien itu adalah orang yang sudah  berada di fasilitas kesehatan. Sedangkan, kesehatan lingkungan selama ini berada pada koridor memberikan pencegahan dan promosi kesehatan, yang notabenenya sasarannya adalah masyarakat yang tidak berada di fasilitas kesehatan.

Latar belakang dalam jurnal tersebut, membawa nama tokoh yang mempelopori timbulnya ilmu keperawatan yakni Florence Nightingale. Dalam jurnalnya dia mengangkat teori yang disampaikan oleh Florence yakni "No amount of medical knowledge will lessen the accountability for nurses to do what nurses do; that is, manage the environment to promote positive life processes". Dalam definisinya disebutkan bahwa Perawat sebaiknya praktik pada lingkungan yang aman dan hidup dengan cara yang sehat.

Program Keperawatan diharapkan harus mempersiapkan perawat praktik di masa depan dengan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan secara kompeten memasukkan kesehatan lingkungan kedalam praktik sehari-hari mereka. Disampaikan dalam jurnal ini bahwa Fakultas Keperawatan harus memiliki alat untuk mengintegrasikan konten kesehatan lingkungan kedalam kurikulum keperawatan yang ada.

Lebih lanjut, dalam jurnal tersebut menyampaikan bahwa perawat terdaftar sebaiknya :

• Memperoleh pengetahuan tentang konsep kesehatan lingkungan, seperti penerapan strategi kesehatan lingkungan
• Meningkatkan lingkungan praktik yang mengurangi lingkungan risiko kesehatan bagi pekerja dan pasien.
• Menilai lingkungan latihan untuk faktor-faktor seperti suara, bau, kebisingan, dan cahaya yang mengancam pendukung kesehatan untuk penggunaan produk yang bijaksana dan tepat dalam perawatan kesehatan
• Mengkomunikasikan risiko dan paparan terhadap kesehatan lingkungan strategi pengurangan untuk konsumen perawatan kesehatan, keluarga, kolega, dan komunitas
• Mengkomunikasikan risiko kesehatan lingkungan dan pengurangan pencahayaan strategi untuk konsumen perawatan kesehatan, keluarga, rekan kerja, dan komunitas
• Memanfaatkan bukti ilmiah untuk menentukan apakah suatu produk atau pengobatan adalah ancaman lingkungan
• Berpartisipasi dalam strategi untuk mempromosikan komunitas yang sehat

Akhir kata, peleburan kesehatan lingkungan ke dalam kurikulum keperawatan memiliki banyak manfaat. Manfaat utamanya bagi praktisi perawat dapat meningkatkan keamanan lingkungan praktik dan mengurangi resiko kesehatan akibat dari faktor lingkungan.  Oleh sebabnya mempromosikan masuknya kesehatan lingkungan kedalam dunia kependidikan keperawatan sudah barang tentu menjadi hal yang penting dan relevan sebagai tantangan untuk praktisi kesehatan dan promosi kesehatan dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat lagi.

Baiknya bagi rekan-rekan yang ingin membaca detail tentang jurnal tersebut, dapat klik link pada kata DISINI

Bagaimana pendapat rekan-rekan, setujukah kesehatan lingkungan masuk dalam kurikulum keperawatan? Jika setuju, berikan argumentasinya.


Penulis : Vera Yulyani S.Kep.,MPH


DAFTAR PUSTAKA

Rn, K.P.J., 2015. Environmental health 101 : Incorporating environmental health into the nursing curriculum. Teaching and Learning in Nursing, 10(4), pp.192–195. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.teln.2015.05.005.

26 komentar:

  1. Setuju. Ilmu keperawatan lebih berarti bila diiringi dengan ilmu kesehatan lingkungan... Karena kesehatan sangat berkaitan erat dengan envirotment, agent dan host.. Jika hanya ilmu keperawatannya saja pada implementasinya hanya mengacu pada kuratif dan rehabilitatif.Tanpa di dukung upaya promotif dan preventif yang diupayakan maksimal dalam ilmu kesehatan lingkungan maka untuk mencapai "sehat" akan sulit. Karena tanpa di dukung lingkungan yang sehat, merawat yang sakit akan bisa berulang sakit bahkan bisa menjadi sakit yang lain. Seperti halnya tambal sulam yang tak akan ada habisnya.

    BalasHapus
  2. Setuju Bu, karena kita sehat dimulai dari 1.faktor agent( pembawa penyakit)
    2. Environment (Lingkungan)
    3. Faktor hos.
    Karena kalau hanya memfokuskan pada ilmu perawat maka kita tidak akan tau dari mana penyebab kesehatan yang ada di sekitar kita.

    BalasHapus
  3. Saya sangat setuju bu bila ilmu kesehatan lingkungan dimasukkan kedalam kurikulum keperawatan.. hal ini karena kesehatan lingkungan memiliki cakupan yang sangat luas dalam pembelajaran nya, terutama dalam hal preventif (pencegahan) penyakit. Begitupun dengan ilmu epidemiologi yang terdapat dalam kesehatan lingkungan, yang sebenarnya sangat erat hubungan nya dengan keperawatan, karena definisi epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang distribusi, frekuensi dan determinan penyakit, yang mana ilmu ini merupakan bagian dari kesehatan lingkungan.

    BalasHapus
  4. Siti Rahmawati
    Setuju sekali. Terkadang orang tidak paham semua segala penyakit itu pondasinya adalah dikesehatan lingkungan dulu. Jadi ilmu keperawatan perlu di masukkan tetang kesehatan lingkungan, bagaimana hendak merawat orang sakit apabila kondisi lingkungan tidak baik dilihat dari pencahayaan, kelembaban,udara,sarana air bersih dan lain sebagainya,dan tak kala pentingnya dalam ilmu keperawatan perlu diberikan cara pengolahan limbah medis dan non medis karena amat penting bagi sebuah rumah sakit negeri n swasta klinik pengobatan bagaimana penanganan limbah dan pembuangan/pembuangan limbah cair dan padat yang benar.

    BalasHapus
  5. Setuju Bu, karena kita sehat itu banyak yg Suka menganggap tdk terlalu penting.
    Ilmu keperawatan jg lebih berarti bila diiringi dengan ilmu kesehatan lingkungan... Karena kesehatan sangat berkaitan erat dengan envirotment, agent dan host..
    Sehat itu dimulai dari beberapa hal itu :
    Faktor agent / keturunan (pembawa penyakit)
    Lingkungan Dan bs jg gaya hdp tdk sehat.
    Trakhir Factor hos.karena kalau hanya memfokuskan pada ilmu perawat maka kita tidak akan tau dari mana penyebab kesehatan yang ada di sekitar kita.

    BalasHapus
  6. ya setuju bu kesehatan lingungkan perlu di kurikulum keperawatan dikarna kan kesehatan lingkungan memiliki pembahasan yang luas tentang pencegahan penyakit,epidemiologi penyakit, dan dapat menilai lingkungan sekitar seperti faktor faktor bau,suara kebisingan,dan cahaya yg pendukung kesehatan.jadi tidak hanya merawat pasien tetapi lingkungan juga harus terawat.

    BalasHapus
  7. Nani aidatri
    Saya setuju karena dari awal itu ilmu lingkungan dulu y patut kita pahami mengapa:
    1.pola hidup kita sehari2 dulu y harus kita perhatikan dari cuci tangan,cuci kaki dll
    2.bagaiman kita bisa hidup sehat klu lingkungan kita tidak sehat
    3.ayo terap kan PHBS
    4.buangan sampah jangan sembarangan setelah semuanya kita jalani ingsa allah ilmu keperawatan kita bisa aman dari semua jenis penyakit sehingga kt tidak mudah teserang penyakit baik yang menular atau penyakit y tidak menular. (dari tinjauan pustaka pola pikir nani ini bu vera ).

    BalasHapus
  8. Saya setuju krn Seiring dengan perkembangan IPTEK, permasalahan kesehatan lingkungan harus ditangani secara terintegrasi, baik dari sisi keilmuan dan pengembangannya, sisi aplikasi ilmu pada permasalahan di lapangan maupun sisi eksekusi permasalahan kesehatan lingkungan nyata.
    Seperti masih banyaknya orang yg sengaja membuang sampah sembarangan.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Sangat setuju.
    Karena lingkungan yang sehat berdampak pada kesehatan individu,keluarga,masyarakat dan populasi dimana profesi keperawatan memainkan peran penting dalam mengurangi dampak megatif dari produk yang digunakan dalam pelayanan kesehatan.
    lingkungan juga mempunyai peran sebagai faktor penyebab penyakit yang harus diperhatikan oleh perawat dalam merawat orang sakit dan merawat diri sendiri.

    BalasHapus
  11. Setuju,kesehatan lingkungan masuk dalam kurikulum keperawatan karena kesehatan lingkungan mempengaruhi kesehatan seseorang.dalam keperawatan juga perlu mengetahuinya,sebab kesehatan lingkungan memiliki pembahasan yg luas tentang penyakit yg sebagian besar disebabkan oleh sanitasi lingkungan, sehingga selain melakukan pengobatan perawat perlu mentelusuri riwayat penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan sehingga bisa mencegah agar penyakit tidak menyebar.

    BalasHapus
  12. Luci Andriani
    Saya sangat setuju , bila ilmu kesehatan lingkungan dimasukkan kedalam kurikulum keperawatan, karena kesehatan lingkungan merupakan disiplin ilmu untuk memperolah keseimbangan antara lingkungan dengan manusia serta untuk mengelola lingkungan agar bisa menciptakan kondisi lingkungan yang sehat, nyaman dan aman serta terhindar dari berbagai penyakit, ilmu keperawatan pembelajarannya tidak hanya mengacu pada pengobatan saja namun harus didukung dengan pencegahan dan penyuluhan agar perbaikan di lingkungan dapat teratasi.

    BalasHapus
  13. Renita Sari
    Saya sendiri basicnya adalah seorang perawat, dan saya sangat setuju apabila kesehatan lingkungan dimasukkan kedalam kurikulum keperawatan karena kesehatan lingkungan merupakan dasar untuk lebih lanjut mengetahui etiologi dari penyakit yang biasanya penyebab terbesarya adalah dari lingkungan itu sendiri.karena perawat bukan hanya tertuju pada kuratif dan rehabilitatif saja, harus menyeimbangkan promotif dan preventif.karena peran perawat itu sendiri adalah sebagai promotor. sebagai contoh perkesmas (perawatan kesehatan Masyarakat) kegiatan ini lebih banyak tentang kesehatan lingkungan.

    BalasHapus
  14. Setuju.
    Karena kesehatan itu berkaitan erat dengan :
    1. Envirotmen
    2. Agent
    3.hos
    Maka dari itu kesehatan lingkungan dan keperawatan saling berkaitan dan memiliki pernanan masing-masing

    BalasHapus
  15. Fadlillah Ahmad
    18410027

    Saya setuju karena sebenernya ilmu kesehatan itu saling terintegrasi
    Tapi yg perlu d garis bahawi adalah sudah ada cabang2 ilmu serta fakultasnya
    Jadi menurut saya hal yg paling baik adalah sesuai tanggung jawab jobdesk masing masing

    BalasHapus
  16. setuju, karena sehat dipengaruhi oleh faktor agent, envirotmen, dan host. melihat lingkungan menjadi salah satu penyebab penyakit apabila ilmu keperawatan tanpa di dukung dengan ilmu kesehatan lingkungan maka untuk mencapai sehat akan sulit karena tanpa di dukung dengan lingkungan yang sehat atau tanpa di dukung dengan upaya preventif orang yang sakit dapat saja menjadi sakit yang lain nya.

    BalasHapus
  17. Setuju sekali bu,,
    Alasannya karena lingkungan sangat berpengaruh sekali dengan kesehatan seseorang.
    Baik lingkungan fisiologis, sosial, budaya, sangat berpengaruh terhadap penularan dan penyebaran penyakit.
    Seperti dalam trilogi epidemiologi, ada host, agent, dan environment.
    Dan kondisi seperti ini, yg menyebabkan mau tidak mau,, kesehatan lingkungan sangat berkaitan erat dg ilmu keperawatan.
    Dalam ilmu keperawatan yg meliputi berbagai upaya2 mencapai derajat kesehatan yg setinggi2nya, melipiti upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.
    Semuanya berkaitan erat dg lingkungan, dari lingkungan sebagai salah satu faktor penyebab penyakit, anamnesa terhadap pasien, maupun dalam menentukan terapi dan rehabilitasi juga sangat berhubungan dg lingkungan.

    BalasHapus
  18. Sangat setuju bu..
    karena untuk meningkatkan derajat kesehatan itu upaya yang dilakukan yaitu promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. artinya antara kesehatan lingkungan dengan ilmu keperawatan sangat berperan dan untuk saling mendukung. dan seuanya sangat berkaitan untuk meningkatkan derajat kesehatan.

    BalasHapus
  19. Sebuah terobosan pemikiran yang menarik,
    saya setuju akan hal ini, akan lebih baik jika profesi lain juga memahami aspek kesehatan lingkungan sebagai penguatan dalam output layanan kesehatan.
    akan tetapi perlu menjadi catatan, bahwa yang perlu di masukan kedalam kompetensi atau materi kuliah keperawatan hal2 yang bersifat umum tentang kesehatan lingkungan sedangkan hal2 detil yang bersifat sangat teknis tetap menjadi kompetensi khusus profesi kesehatan lingkungan.

    BalasHapus
  20. Setuju...karena kesehatan lingkungan sangat mempengaruhi derajat kesehatan manusia. Dimana faktor dari sehat itu sendiri antara lain : environment, host dan agen. Jika lingkungan sekitar tidak sehat maka dapat timbul masalah penyakit. Misalnya tempat tinggal di lingkungan kumuh. Manusia sehat butuh lingkungan yang sehat. Begitu juga dengan manusia yang sedang sakit dan dalam proses penyembuhan dibutuhkan asuhan keperawatan yang baik dan lingkungan yang sehat juga untuk mendukung proses kesembuhannya.

    BalasHapus
  21. Nani aidatri
    NPM : 18410039.P
    Setuju ilmu keperawatan lebih berarti bila dibandingkan dg ilmu ksehatan lingkunga.Mengapa karna adanya keterkaitan dengan agent dan host,yang didukung dengan upaya promotip dan preventip.

    BalasHapus
  22. Nani aidatri
    NPM : 18410039.P
    Setuju ilmu keperawatan lebih berarti bila dibandingkan dg ilmu ksehatan lingkunga.Mengapa karna adanya keterkaitan dengan agent dan host,yang didukung dengan upaya promotip dan preventip.

    BalasHapus